Mencari Jejak Kejayaan Islam di India

Mungkin kita mengenal India sebagai pusat dari ajaran agama Hindu, namun agama Islam telah memberi peran penting dalam negara yang berada di bagian Asia Selatan itu. Islam telah menjadi agama terbesar kedua di India, dengan lebih dari 13,4% penduduk menyebut dirinya sebagai Muslim pada tahun 2001. Lalu, bagaimana dengan jejak kejayaan Islam yang ada di India?

Jejak Kejayaan Islam di India

Image : Istimewa

Islam diperkirakan masuk ke India dalam tiga gelombang, yaitu oleh orang Arab (8 M), orang Turki (12 M), dan orang Afghanistan (16 M). Menurut salah satu versi, pada 8 M telah datang Malik Ibnu Dinar dan 20 sahabat Rasulullah SAW dan mulai menyebarkan agama Islam di seluruh India. Mereka memulai perjalanannya di India dari Kodungallur, Kerala. Oleh karena itu, ada satu buah masjid tertua di India yang disebut sebagai masjid kedua di dunia yang melaksanakan ibadah Shalat Jum’at, setelah masjid yang dibangun oleh Rasulullah SAW di Madinah. Masjid itu masih berdiri kokoh hingga saat ini dan dikenal sebagai Cheraman Juma Masjid.

Dinasti Islam pertama di India adalah Dinasti Gaznawi, namun ajaran Islam semakin menyebar luas di India setelah terbentuk Kesultanan Delhi di wilayah itu. Setelah kurang lebih selama 500 tahun berkuasa, kekacauan di Kesultanan Delhi dimanfaatkan oleh Kesultanan Mogul untuk mengambil kekuasaannya. Kesultanan Mogul mulai berkuasa dan membawa India tumbuh pesat dengan tingkat perkembangan yang luar biasa. Salah satu Raja yang sangat dikenal dari Kesultanan Mogul adalah Raja Shah Jahan. Antara 1630-1653 M, Shah Jahan memerintahkan untuk membangun Taj Mahal di Agra sebagai persembahan untuk istrinya. Bangunan bersejarah yang indah itu hingga kini masih kokoh berdiri dan termasuk salah satu dari tujuh keajaiban dunia.Taj Mahal adalah bukti pencapaian umat Islam di India pada saat itu dalam bidang arsitektur.

Di bidang pendidikan dan perkembangan ilmu pengetahuan, Kesultanan Mogul juga mencapai prestasi yang gemilang. Banyak bangunan berupa madrasah, perpustakaan, dan masjid tersebar di berbagai wilayah kekuasaannya. Istana tempat tinggal penguasa Kesultanan Mogul juga tidak kalah menakjubkan. Disebut sebagai Benteng Agra, bangunan istana yang serupa benteng itu termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Sebutan lainnya adalah Lal Qila atau Benteng Merah yang lokasinya 2.5 km arah barat laut Taj Mahal dan dianggap sebagai sebuah kota berdinding. Benteng Merah juga masih berdiri kokoh tempat tersimpannya banyak kekayaan negara dan merupakan tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan bahkan pemimpin negara lain.

***

Itulah beberapa jejak kejayaan Islam yang masih bisa dilihat dan dikunjungi jika kita berwisata ke India. Masih banyak jejak kejayaan lainnya yang dapat kita cari tahu dan diambil hikmahnya. Tetap berusahalah untuk menjadi Agen Muslim yang baik dimanapun berada. Pelajari berbagai makna tersirat yang ada pada berbagai jejak kejayaan Islam di bumi ini. Jelajahi bumi Allah SWT, kagumi keindahan-Nya, dan syukuri segala karunia-Nya.

2 thoughts on “Mencari Jejak Kejayaan Islam di India

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s