Menikmati Keindahan Selat Bosphorus Dari Istana Topkapi

Saat Sultan Muhammad (Muhammad Al Fatih) menaklukkan Konstantinopel pada 1453 M, beliau langsung memerintahkan untuk membangun area tempat tinggal yang baru. Pada akhirnya, inilah disebut sebagai Istana Topkapi. Istana Topkapi menjadi tempat tinggal Sultan dan keluarganya hingga empat abad kemudian, mulai dari 1465 M hingga 1853 M.

topkapi-palace-birds-view

Pada dasarnya, Topkapi bukan saja Istana tempat tinggal Sultan dan keluarganya. Istana Topkapi pun menjadi area pusat pemerintahan Kesultanan Turki dan menjadi tempat tinggal lebih dari 4,000 orang. Begitu luas dan besarnya Istana Topkapi dengan berbagai fungsi yang dimilikinya, menjadikannya bagaikan “kota” didalam “kota”.

topkapi-palace-istanbul (1)

Istana Topkapi mengalami berbagai renovasi dan modifikasi hampir setiap tahun. Saat ini, Istana Topkapi memiliki empat halaman besar yang dikelilingi tembok dengan berbagai bangunan besar maupun kecil yang ada didalamnya. Pada area Istana Topkapi pun terdapat banyak sekali kamar, Masjid, aula, dan taman. Gaya arsitektur Istana Topkapi sangat luar biasa dan patut untuk dikagumi. Berbagai koleksi masa kejayaan Islam pada masa Kesultanan Turki pun tersimpan rapih di Istana Topkapi. Dari Istana Topkapi pun kamu dapat menikmati pemandangan indah dari selat Bosphorus, Laut Marmara, dan Golden Horn.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s