Sorry, Kita Beda Jurusan

Iya, saya tahu. Pekerjaan ataupun profesi saya saat ini memang tidak sesuai dengan jurusan yang saya ambil saat kuliah. Tetapi, apakah hal ini yang menjadikan kamu berhak untuk menjudge saya? :)

Satu pengalaman yang paling saya benci saat sesi interview penerimaan karyawan baru adalah saat dikomentari bahwa saya “salah kamar”.

“Ngapain kamu ada disini? Disini bukan dunia kamu.. Sebaiknya kamu cari kesempatan di perusahaan lain yang lebih baik. Kamu salah kamar.”

Pertanyaannya adalah:

KENAPA PASANG INFORMASI PENERIMAAN KARYAWAN BARU YANG MENERIMA SEMUA PELAMAR DARI SEMUA JURUSAN?

Siapa yang salah?

Jujur, saya mau banget nyalahin perusahaan yang labil begitu. Harapan besar diberikan kepada kami para pencari kerja dan setelah apply kesana-kemari, komentar anda hanya, “Sorry, kamu tidak bisa kami terima, karena kamu salah kamar.”

Saran saya, seharusnya sejak awal memang tertulis jika hanya pelamar dengan Jurusan tertentu saja yang akan diterima. Sehingga, kami semua tidak terlalu berharap banyak.

Saat satu perusahaan telah menerima seorang yang tidak sesuai jenis pekerjaannya dengan latar belakang Jurusannya saat kuliah, apa alasan mereka? Menurut saya, inilah beberapa alasannya,

  1. Passionate

Meskipun beberapa tahun yang lalu ramai motivasi, “Follow Your Passion!” dan akhir-akhir ini ada yang menyebutkan bahwa kalimat motivasi itu justru malah menjatuhkan, seorang yang passionate akan sesuatu sangat terlihat dari kehidupannya. Saat membicarakan sesuatu yang memang disukainya, dia akan penuh semangat dan impian untuk mencapainya. Kegiatannya setiap hari diiringi dengan kebiasaan akan hal yang sangat dicintainya itu. Lalu, untuk apa menolak sosok yang sangat passionate ini? Perusahaan tidak akan ragu memberikannya kesempatan untuk mencoba membangun karir sesuai dengan mimpi besarnya.

  1. They Are Desperately Need Them

Pernah melamar di perusahaan yang memang sangat membutuhkan karyawan untuk posisi tertentu? Mereka tidak akan peduli dengan latar belakang Jurusan saat kuliah, asalkan calon karyawan dirasa sesuai untuk posisi yang kosong ini. Tidak ada waktu bagi perusahaan untuk terlalu lama mencari karyawan baru yang harus sesuai dengan Jurusan perkuliahannya. Kosong, isi, dan jika kosong lagi, langsung isi lagi.

tumblr_m0wi46HsqR1r8wxgoo1_400

When Co-Workers Speaks

Ada masa saat pemimpin perusahaan menerima Jurusan kuliah yang tidak sesuai dengan pekerjaan kita, namun teman-teman karyawan lainnya tidak.

Keadaan ini mirip dengan saat seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri, “Please deh, kamu jangan daftar disini kalau memang ga mau masuk sini. Ngurangin jatah kursi aja!”

Persamaannya dengan teman-teman karyawan saat mengetahui kita berbeda Jurusan perkuliahan dengan mereka, “Kita bersusah payah kuliah 4 tahun buat belajar semua ilmu ini, lalu dapat pekerjaan yang sesuai dengan ilmu yang kita pelajari. Tiba-tiba, kamu, anak dari Jurusan lain ada disini, mengerjakan sesuatu yang sama dengan kita berdasarkan ilmu yang didapatkan dari pengalaman dan otodidak?? Jangan harap deh bisa mengerjakannya lebih bagus dari kami.”

Ups, that’s rude.

Saat menghadapi situasi ini, sebaiknya sikap apa yang harus kita lakukan?

  1. Stay Calm

Take a deep breath. Tanggapi saja dengan senyuman komentar tidak mendasar tersebut dan anggap saja bahwa, “This is just a bad day, not a bad life.”

  1. Just Do Your Best

Ingat selalu bahwa yang menghargai hasil kerja dan memberikan gaji adalah pemimpin perusahaan alias BOS kita. Sikap teman-teman karyawan lainnya ini tidak akan dengan mudah menjatuhkan semangat seorang yang passionate juga mencintai karir yang sedang dibangunnya dan profesi yang menjadi impiannya.

  1. Leave Them

Jika memang sudah berlebihan, hindari lingkaran yang memberikan pengaruh negatif ini. What do they know about your life? Tidak ada yang paling paham tentang kehidupan kita, selain diri kita sendiri.

So, guys, masih bete mendapatkan judge sepihak karena pekerjaan tidak sesuai dengan Jurusan saat kuliah? Just say, “Hey you, this is my life, not yours.”

 

25/08/2014 – 01.15 WIB

2 thoughts on “Sorry, Kita Beda Jurusan

  1. Iyaa,,bener bangett…kadang kita itu kerja gak mesti sesuai jurusan kok. Teman aku aja dari jur perhutanan ada yang jd admin, jur Bidan malah jd Team Leader di Dealer, Tehnik sipil jd kepala akuntasi…dan banyak masih yg gak sesuai jurusan tp tetap diterima. Kasar banget peng interview nya kalo ngomong pas wawancara krja gitu,,,hadehhhh

    Like

  2. Hello webmaster do you need unlimited articles for your
    page ? What if you could copy article from other websites,
    make it unique and publish on your blog – i know the right tool for you, just search in google:
    Ziakdra’s article tool

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s