Tetap Sehat Saat Mudik

Bulan suci Ramadhan memberikan berbagai makna yang luar biasa di kehidupan kita. Mulai dari ibadah, keseharian, kegiatan bermanfaat, hingga hubungan antar sesama manusia atau yang biasa disebut dengan silaturahmi. Indonesia terkenal akan tradisi “Mudik” yang sering diartikan secara bebas sebagai pulang ke kampung halaman. Namun, bisa jadi makna sesungguhnya dari mudik adalah mengunjungi dan menjaga tali silaturahmi dengan saudara kita. Seringnya, saudara yang sudah tidak lama bertemu dan mungkin hanya bertemu satu tahun sekali saat Lebaran saja yang akan kita kunjungi saat mudik.

3ec78e3ccf1a1588bfddd229ffce22ee

Perjalanan mudik yang menguras tenaga, baik fisik ataupun pikiran membuat kita harus pandai untuk menjaga kesehatan. Bahkan, kadang perjalanan mudik dimulai saat kita masih berpuasa. Kondisi kesehatan kita tetap harus jadi yang utama. Berikut adalah beberapa tips untuk menikmati perjalanan mudik dengan menyenangkan:

  • Minum vitamin

Sebelum mudik, sempatkan waktu untuk memeriksa kesehatan kita. Ketahui obat dan vitamin apa saja yang dibutuhkan sebelum juga selama perjalanan mudik. Faktor kesehatan harus lebih diperhatikan bagi kamu yang memiliki penyakit menahun, seperti asma, darah tinggi, dan jantung.

  • Gunakan Masker

Masker bisa menjadi pilihan favorit untuk terhindar dari debu dan virus selama perjalanan mudik. Kenakan masker saat berada di tempat umum, yang memungkinkan untuk tertular penyakit secara mudah.

  • Jaga Pola Makan

Wisata kuliner sering menjadi agenda utama saat mudik. Tapi, sebaiknya tetap diingat untuk menjaga pola makan dengan baik. Jangan sampai menjadi sakit hanya karena pola makan yang berlebihan. Perhatikan juga makanan yang dikonsumsi saat dalam perjalanan. Pilihlah makanan yang bersih dan sehat agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

  • Rajin Minum Air Putih

Air putih sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Asupan air putih yang cukup akan membantu menjaga kesehatan selama perjalanan mudik. Usahakan untuk minum air putih lebih dari 2-3 liter sehari, agar kesehatan kita tetap terjaga. Ini dia poin penting selanjutnya, jangan terlalu lama menahan buang air kecil.

  • Jaga Kebersihan

Usahakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, terlebih lagi jika kita sering menggunakan kamar mandi umum. Bakteri jahat yang ada di tangan kita memungkinkan terjadinya penyakit yang menyebabkan perjalanan mudik menjadi tidak menyenangkan.

  • Cukup Istirahat

Istirahat yang cukup dan pastikan selalu fit selama perjalanan mudik. Hal ini akan membantu untuk tetap berpikir positif. Sehingga, semangat kita tetap terjaga saat bertemu dengan saudara lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s