Save “Rumah Baca Panter”

Beberapa bulan terakhir ini kita diributkan dengan kabar akan digusurnya Sekolah Master. Info itu pun sempat saya share disini. Namun, Pak Walikota Depok, Nur Mahmudi, sudah memastikan bahwa Sekolah Master tidak akan digusur. Berikut beberapa info beritanya:

Pernyataan Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail tentang sekolah master:

http://metro.news.viva.co.id/news/read/429234-sekolah-anak-jalanan-digusur–ini-penjelasan-nur-mahmudi

Penegasan Walikota Depok bahwa tidak akan ada penggusuran disekolah master:

http://news.detik.com/read/2013/07/18/145401/2307071/10/wali-kota-depok-tegaskan-tak-ada-penggusuran-sekolah-master

Namun, timbul lagi masalah baru. Memang Sekolah Master tidak akan digusur, tetapi rencana untuk revitalisasi terminal sepertinya akan tetap terjadi. Sedihnya, ada 1 lagi lokasi belajar anak-anak jalanan yang mungkin saja terabaikan dan tergusur dalam mewujudkan rencana ini, Rumah Baca Panter.

Meski sederhana, hanya menyewa kios di Terminal, Rumah Baca Panter telah membuktikan dedikasinya untuk mendukung pendidikan yang layak bagi anak-anak jalanan (ataupun anak-anak kurang mampu). Disana mereka bebas untuk membaca buku juga mengekspresikan bakatnya melalui musik.

Rumah Baca Panter pun rutin mengadakan acara yang, menurut saya, termasuk skala besar untuk mereka yang bergerak di ruangan kecil. Masihkah tega Pemerintah Kota Depok menghilangkan potensi yang luar biasa ini?

Rumah Baca PanterSudah seharusnya Sekolah Master, Rumah Baca Panter, dan komunitas juga gerakan positif lainnya yang peduli pada pendidikan anak-anak jalanan (ataupun anak-anak kurang mampu) mendapat kesempatan dan perhatian yang positif. Jika Pemerintah Kota Depok tidak mampu memfasilitasi pendidikan anak-anak jalanan (ataupun anak-anak kurang mampu), bukankah mereka seharusnya berterima kasih pada komunitas dan gerakan mulia itu? Sederhana, masih sangat terbatas, tapi semangatnya benar-benar luar biasa.

Yuk, kita tarik perhatian dan dukungan positif dari Pemerintah Kota Depok untuk Rumah Baca Panter dan lingkungan juga kegiatan positif disekitarnya dengan mention @rumahbacapanter menggunakan hashtag #saverumahbacapanter – sampaikan dukunganmu!

Informasi jelas mengenai keadaan ini bisa dibaca melalui disini.

Tindakan sederhana kita mungkin saja memberikan dampak besar bagi gerakan ataupun komunitas kecil yang sangat luar biasa ini. #saverumahbacapanter !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s