Positive Thinking, Positive Feeling

Kehidupan memberikan kita berbagai pengalaman yang luar biasa, termasuk adanya banyak kemudahan juga berbagai kesulitan. Pernahkah kita berpikir sejenak dan akhirnya menyimpulkan bahwa kesulitan adalah pelajaran berharga? Saat dihadapkan dengan kesulitan, kita mudah sekali untuk putus asa dan menyerah. Terlebih jika kesulitan itu membuat kita jauh dari impian dan cita-cita. Yuk mulai cari sisi lain dari kesulitan yang menyebalkan ini. Saya akan berbagi beberapa alasan yang membantu untuk melihat kesulitan sebagai kemudahan yang tertunda. Let’s check it out! ;)

Positive Thinking, Positive Feeling

Allah SWT Tidak Akan Memberikan Kesulitan Melebihi Kemampuan Umat-Nya

“Allah SWT tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS. Al-Baqarah : 286)

Yuk mulai berpikir positif kalau setiap kesulitan yang dialami ini pasti bisa kita lalui. Karena Allah SWT menyampaikan bahwa Dia tidak akan membebani masalah yang tidak bisa kita hadapi, jadi kenapa kita masih merasa tidak sanggup? Padukan positive thinking itu dengan positive feeling. Perasaan atau emosi kita adalah alat utama untuk mengukur seberapa jauh atau dekatnya kita dengan kemudahan yang diberikan Allah SWT. Jika perasaan kita positif dan ikhlas, maka segala kemudahan akan mendekat dan kesulitan pun menjauh.

Setelah Kesulitan, Pasti Akan Ada Kemudahan

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahanSesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Al-Insyirah : 5-6)

Dengan positive thinking dan positive feeling, kita akan lebih kuat dan siap dalam menghadapi berbagai kesulitan. Dalam surat Al-Insyirah ayat 5-6, Allah SWT menyampaikan bahwa dalam satu kesulitan akan ada dua kemudahan. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita terus berjuang dan jauh dari sikap putus asa saat berhadapan dengan kesulitan. Keep Fighting!

Akan Ada Hikmah Dibalik Setiap Kesulitan

“Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan mencukupkan (keperluannya) …” (QS. At-Talaq : 3)

Dengan terus berusaha dalam menghadapi setiap kesulitan, lalu bertawakal agar diberikan kemudahan merupakan sikap yang sangat dicintai Allah SWT. Yakin selalu kalau dibalik setiap kesulitan pasti ada hikmah yang bisa dirasakan ataupun didapatkan. Seperti firman Allah SWT, yang menyebutkan bahwa jika kita terus tawakal maka akan mendapatkan rezeki yang tidak disangka. Rezeki itu mungkin merupakan penyelesaian atau jalan keluar untuk kesulitan kita.

***

Mari mulai tumbuhkan sikap positive thinking dan positive feeling dalam menghadapi berbagai kesulitan yang ada. Sikap itu akan membawa kita ke jalur energi positif yang memudahkan kita untuk menjalani hidup. Ingat selalu bahwa kita tidak sendiri, selalu ada Allah SWT yang menemani, menjaga, dan membantu kita. Positive thinking and positive feeling for a brighter future! :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s