Ketika Ada Rasa Benci

Hidup ini memang tidak selalu bahagia, ada kalanya kita merasa sangat tertekan dalam kesedihan ataupun rasa putus asa. Berbagai rasa benci pun tumbuh dan menguasai diri. Terkadang, kita tidak hanya benci pada diri sendiri tetapi juga benci dengan kehidupan yang dijalani. Tak jarang, rasa benci membuat kita tidak menyukai orang lain dengan berbagai alasan yang nyata maupun tidak.

Kehidupan yang penuh rahmat dan karunia Allah SWT tidak seharusnya selalu kita isi dengan berbagai bentuk benci, baik pada diri sendiri, kehidupan kita, ataupun orang lain. Mencari sisi positif dari rasa benci yang terlanjur menguasai memang sangat sulit. Oleh karena itu, saya akan share beberapa poin penting yang dapat membantumu untuk memupus rasa benci sedikit demi sedikit hingga hilang tak berbekas. Take a deep breath and open your heart :)

Ketika Ada Rasa Benci

Optimist

Mulailah untuk menjadi seorang yang optimis. Kebahagiaan diri dikendalikan oleh diri kita sendiri, tergantung cara kita bersikap dan menghadapi. Yakin selalu bahwa kita bisa mengubah keadaan apapun menjadi lebih baik.

Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan kepada Allah SWT dengan sabar dan mengerjakan Shalat. Sesungguhnya Allah SWT beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah ; 153)

Love Yourself

Live your life with positive thinking and positive feeling. Start and end your day with a smile :)

Segala sesuatu tidak akan berarti jika kita tidak mencintai diri sendiri. Menjadi pribadi yang positif dan optimis adalah kunci utama untuk mencintai diri kita. Jangan sia-siakan hidup ini hanya sekedar untuk membenci berbagai macam hal yang membuat diri kita semakin sakit, terpuruk, dan merana.

Feel Blessed and Be Grateful

Always be grateful for anything you have and you will feel blessed for everything. Hidup ini terlalu singkat dan sulit jika hanya diisi dengan rasa benci. Padahal, setiap hari, menit, detik dari kehidupan ini selalu Allah SWT mudahkan dan permudah. Bangun di pagi hari pun adalah suatu nikmat yang luar biasa. Mata berkedip, bernafas dengan hidung kita, pertukarang oksigen dan karbondioksida sepersekian detik dalam alveolus di paru-paru kita, dan masih banyak lagi hal kecil yang selalu kita anggap sepele namun sebenarnya merupakan karunia terbesar dalam hidup. Yuk, selalu ungkapkan rasa syukurmu dengan tindakan yang sebenar-benarnya rasa syukur. Jangan hanya berucap, “Alhamdulillah” lalu kemudian marah atau kesal. Life is too short to be complaining about it.

Allah SWT berfirman :

“Sesungguhnya, hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahal mereka tanpa batas.” (Az-Zumar : 10)

Ketahui jumlah hal yang patut kamu syukuri dengan menuliskannya pada note kesayangan. Tulis setiap kali kamu merasa bersyukur dan bahagia. Dengan begitu, tidak ada lagi rasa benci bagi diri sendiri, kehidupan yang dijalani, terlebih bagi orang lain. Live your life happier than before! :)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s