Berbagi Menyenangkan Hati

Rutinitas sehari-hari yang padat mungkin membuat kita lupa akan satu hal, berbagi kepada sesama. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah SWT akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barangsiapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah SWT akan memudahkannya di dunia dan akhirat. Barangsiapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah SWT akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Allah SWT senantiasa menolong hamba-Nya selama hamba-Nya suka menolong saudaranya.” (HR. Muslim)

Berbagi adalah kegiatan membantu orang lain yang membutuhkan, menolong saudara atau keluarga yang memang butuh pertolongan kita, memudahkan urusan orang lain, dan termasuk juga mendo’akan orang lain untuk kebaikan. Berbagi berupa materi biasanya dianggap sebagai infaq dan sedekah. Berbagi pada dasarnya tidak hanya berupa materi saja, bisa juga berupa waktu dan tenaga. Misalnya, kita bergabung dalam suatu gerakan atau komunitas tertentu yang fokus untuk membantu banyak orang, tentunya hal yang utama adalah waktu dan tenaga. Namun jika kita tidak sempat tetapi ingin tetap membantu, kita dapat membantu secara materi berupa donasi.

Berbagi Menyenangkan Hati

Begitu pentingnya saling berbagi dan memudahkan orang lain, terutama saudara sesama muslim, membuat Allah SWT begitu royal dalam memberikan imbalannya. Berbagi sebenarnya hal yang mudah. Dengan tersenyum saja kita sudah berbagai kebahagiaan dengan orang lain. Seperti yang Rasulullah SAW sampaikan, “Tersenyumlah kamu kepada saudaramu, karena sesungguhnya senyum adalah ibadah“. Dengan tersenyum, kita mendapatkan dua pahala berupa berbagi dan ibadah. Yuk biasakan senyum untuk saudaramu! :)

Kepuasan hati adalah manfaat nyata yang dirasakan dengan berbagi. Melihat orang lain senang, kebutuhannya terpenuhi, atau bisa memenuhi harapan mereka adalah sesuatu tak terhingga yang tak ternilai dengan materi. Semua hal positif tersebut kita dapatkan dan rasakan dengan berbagi. Mari mulai biasakan untuk berbagi kepada sesama dan rasakanlah manfaat nyata berupa hati senang melihat orang lain senang! Berbagi menyenangkan hati! ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s