Selamat Hari Kartini!

Selamat Hari Kartini!

Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964 tanggal 2 Mei 1964 yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional. Kepres tersebut juga menetapkan hari lahir Kartini tanggal 21 April sebagai Hari Kartini dan pantas untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar.

Kartini, perempuan dari keluarga ningrat Jawa, diperbolehkan bersekolah di ELS Europese Lagere School hingga usia 12 tahun. Berbagai pelajaran pada umumnya dipelajarinya termasuk bahasa Belanda. Setelah usia 12 tahun, ia harus tinggal di rumah dan mulai dipingit. Berkat kemampuan bahasa Belanda yang didapatkan dari sekolah, Kartini berkorespondensi dengan teman-teman yang berasal dari Belanda.

Hari Kartini

Melalui korespondensi, Kartini membaca banyak buku, koran, dan majalah Eropa yang menginspirasinya. Timbul keinginannya untuk memajukan perempuan Indonesia yang kondisi sosialnya saat itu masih sangat rendah.

Kartini dinikahkan oleh orang tuanya dengan Bupati Rembang, Raden Adipati Joyodiningrat pada tanggal 12 November 1903. Sang suami mengerti keinginan Kartini dan memberinya kebebasan juga dukungan penuh untuk mendirikan sekolah khusus untuk perempuan di sebelah timur pintu gerbang kompleks kantor kabupaten Rembang. Saat ini, lokasi tersebut digunakan sebagai Gedung Pramuka.

Berkat kegigihannya untuk memperjuangkan pendidikan perempuan, didirikanlah Sekolah Kartini oleh Yayasan Kartini di Semarang pada 1912. Sekolah tersebut juga didirikan di Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon, dan beberapa daerah lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s