Happy World Autism Awareness Day!

Happy World Autism Awareness Day!

Tanggal 2 April mulai diperingati sebagai Hari Peduli Autisme Sedunia sejak diputuskan dalam Sidang Umum PBB tahun 2007. Wakil delegasi PBB dari Qatar, Nassir Abdelaziz Al Nassir, berhasil mengangkat masalah autisme sebagai salah satu agenda tahunan PBB dan mendapatkan suara bulat dari 50 negara anggota PBB.

World Autism Awareness Day

Berasal dari kata “auto” dalam bahasa Yunani yang memiliki arti seseorang dengan gejala “hidup dalam dunianya sendiri“, istilah ini diperkenalkan oleh Leo Kanner, seorang psikiater dari Harvard. Pada 1943, Kanner melakukan pengamatan pada 11 penyandang yang menunjukkan gejala kesulitan berhubungan dengan orang lain, mengisolasi diri, perilaku yang tidak biasa, dan cara komunikasi yang aneh. Gangguan neurobiologis yang mempengaruhi fungsi otak sedemikian rupa sehingga seseorang tidak mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan dunia luar secara efektif merupakan penyebab autisme. Pada umumnya, penyandang autisme mengacuhkan suara, penglihatan ataupun kejadian yang melibatkan mereka. Jika ada reaksi pun, terkadang tak sesuai dengan keadaan sekitarnya. Mereka menghindari atau tidak merespon kontak sosial (pandangan mata, sentuhan kasih sayang, bermain, dan sebagainya).

Sebagai bentuk kepedulian dan membangkitkan kesadaran masyarakat terhadap autisme, berbagai kalangan menghimbau untuk mengenakan baju berwarna biru dalam memperingati Hari Peduli Autisme Sedunia. Kepedulian kita terhadap autisme sangatlah penting, karena mereka juga harus diberi tempat dan kesempatan yang sama seperti masyarakat lainnya. Sikap menerima mereka apa adanya merupakan langkah nyata yang perlu dilakukan oleh semua pihak.

2 thoughts on “Happy World Autism Awareness Day!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s