Happy International Women’s Day

Happy International Women’s Day

Hari Wanita Sedunia merupakan penghargaan atas keberhasilan kaum wanita dalam mengubah kedudukannya di bidang ekonomi, politik serta sosial budaya. Sudah diperingati sejak awal abad ke-20, pada saat itu sedang terjadi perkembangan era industrialisasi dan ekspansi ekonomi di dunia kerja. Pada 8 Maret 1857, kaum wanita yang menjadi pekerja di industri tekstil New York melakukan protes atas kondisi kerja yang buruk dan gaji yang rendah hingga bersitegang dengan polisi. Dua tahun kemudian, kaum buruh wanita ini membentuk serikat buruh.

150407_591944797502269_1387888778_n

Pada tahun 1910, kaum sosialis internasional dari 17 negara mengadakan pertemuan di Copenhagen, Denmark, yang membahas tentang hak-hak asasi wanita yang sering terabaikan. Keputusan dari pertemuan tersebut adalah adanya Hari Wanita Sedunia yang diperingati setiap 28 Februari agar hak kaum wanita lebih diperhatikan.

Kejadian paling tragis mengenai perjuangan buruh wanita terjadi pada 1911 di sebuah pabrik “Triangle Shirtwaist“. Kejadian ini mengakibatkan hilangnya nyawa sekitar 140 buruh wanita. Sejak tahun 1920, Hari Wanita Sedunia tidak lagi diperingati, karena banyaknya konflik yang terjadi di dunia. PBB kembali memelopori diperingatinya Hari Wanita Sedunia pada 1975 dan diputuskan jatuh pada tanggal 8 Maret.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s