Selamat Hari Pendidikan Nasional!

Selamat Hari Pendidikan Nasional!

Indonesia merayakan Hari Pendidikan Nasional setiap tanggal 2 Mei sejak tahun 1959 sebagai penghormatan pada Ki Hajar Dewantara. Beliau merupakan pahlawan pendidikan Indonesia yang memberi kesempatan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk merasakan pendidikan.

dewantara_1

Sebagai seorang yang terpelajar, Ki Hajar Dewantara senang menulis. Banyak tulisannya yang tajam dan menyindir Belanda. Salah satu tulisannya adalah Als Ik Eens nederlander Was (Seandainya Aku Seorang Belanda) yang petikannya adalah sebagai berikut:

Sekiranya aku seorang Belanda, aku tidak akan menyelenggarakan pesta-pesta kemerdekaan di negeri yang kita sendiri telah merampas kemerdekaannya. Sejajar dengan jalan pikiran itu, bukan saja tidak adil, tetapi juga tidak pantas untuk menyuruh si inlander memberikan sumbangan untuk dana perayaan itu. Pikiran untuk menyelenggarakan perayaan itu saja sudah menghina mereka dan sekarang kita garuk pula kantongnya. Ayo teruskan penghinaan lahir dan batin itu! Kalau aku seorang Belanda, apa yang menyinggung perasaanku dan kawan-kawan sebangsaku terutama ialah kenyataan bahwa bangsa inlander diharuskan ikut mengongkosi suatu pekerjaan yang ia sendiri tidak ada kepentingannya sedikitpun“.

Belanda mengasingkan Ki Hajar Dewantara ke Pulau Bangka. Namun, oleh dua sahabatnya, Douwes Dekker dan Cipto Mangoenkoesumo, beliau dipindahkan ke Belanda. Saat kembali ke Indonesia, beliau membangun Nationaal Onderwijs Instituut Tamansiswa (Perguruan Nasional Tamansiswa) pada 3 Juli 1922 dan menjadi konsep awal dari pendidikan nasional.

Ki Hajar Dewantara wafat pada 28 April 1958. Namun, semangat beliau kepada pendidikan nasional masih terus kita rasakan hingga saat ini. Berkat beliau jugalah kita dapat merasakan indahnya pendidikan. Semoga pemerintahan Indonesia dapat terus meneladani Ki Hajar Dewantara sehingga seluruh masyarakat mendapatkan pendidikan yang layak dan sesuai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s