Happy Labor Day!

Happy Labor Day!

Saling memperhatikan antara pekerja dan pemimpin adalah suatu kewajaran sekaligus kewajiban. Mari berdiskusi dengan bijak :)

a6992811575285c1319a060c961990e9

Dikenal juga sebagai May Day, Hari Buruh Sedunia ini telah rutin dirayakan oleh 80 negara di seluruh dunia. Berawal pada tanggal 1 Mei 1886, sekitar 400,000 buruh di Amerika Serikat mengadakan demonstrasi untuk menuntut pengurangan jam kerja menjadi 8 jam sehari. Pada saat itu, mereka bekerja hampir 20 jam sehari. Aksi ini berlangsung selama 4 hari sejak tanggal 1 Mei. Pada tanggal 4 Mei 1886, polisi menembaki para demonstran hingga raturan orang tewas. Para pemimpinnya pun ditangkap dan dihukum mati. Para buruh yang meninggal itu dikenal sebagai martir.

Akibat kejadian memilukan tersebut, Kongres Sosialis Dunia yang diselenggarakan di Paris pada Juli 1889 menetapkan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh Sedunia. Selain itu, dikeluarkan juga resolusi yang berisi :

Sebuah aksi internasional besar harus diorganisir pada satu hari tertentu dimana semua negara dan kota-kota pada waktu yang bersamaan, pada satu hari yang disepakati bersama, semua buruh menuntut agar pemerintah secara legal mengurangi jam kerja menjadi 8 jam per hari, dan melaksanakan semua hasil Kongres Buruh Internasional Perancis.

Resolusi ini mendapat sambutan hangat dari berbagai negara. Maka, sejak 1 Mei 1890 May Day mulai diperingati untuk mengingatkan pemerintahan setiap negara akan nasib kaum buruh. Selain itu, May Day merupakan hari penyampaian pendapat para kaum buruh walaupun tetap selalu mendapat tekanan keras dari pemerintah ataupun para pemimpin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s