Bijak Berhemat

Siapa yang tak mau memiliki perencanaan uang yang baik? Tentunya semua menginginkannya. Ini dia beberapa tips agar perencanaan keuangan lebih baik dari Mandy Seay, seperti yang dikutip oleh laman quickeasyfit.com :

1. Buatlah prioritas
Saat akan berbelanja, buatlah daftar kebutuhan yang akan dibeli dan berpeganglah pada daftar tersebut.

2. Minimalisasi biaya tak perlu
Biaya yang tidak penting sebaiknya disingkirkan saja, seperti berlanganan majalah yang jarang dibaca atau saluran tv berbayar yang tidak pernah ditonton. Penghematan listrik juga sangat berpengaruh. Matikan lampu ruangan yang tidak digunakan, cabut kabel dari barang elektronik yang dimatikan dan jangan lupa cabut charger handphone saat telah terisi penuh. Sangat sederhana tetapi berpengaruh untuk tagihan listrik nantinya.

3. Makan di luar
Sebisa mungkin kontrol pengeluaran saat sedang di luar. Jumlah uang yang dihemat akan sangat signifikan hanya dengan mengendalikan pengeluaran selera makan. Kurangi jajan atau camilan yang hanya akan mengganggu kesehatan. Biasakan pula membawa makanan dan minuman dari rumah saja.

4. Kontrol tagihan telepon
Komunikasi sangatlah penting, begitu pula tagihan yang harus dibayarkan karena komunikasi. Kontrol tagihan telepon dengan baik. Cari operator yang dapat mengakomodasi keperluan komunikasi tetapi tidak menguras kantong. Manfaatkan juga layanan VoIP, seperti Skype, untuk memankas tagihan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s