Intelegensia Berganda Versi Gardner

KECERDASAN LINGUISTIK/VERBAL

Kecerdasan kata-kata/bahasa: kemampuan untuk berkomunikasi melalui bacaan, tulisan, pendengaran dan percakapan

KECERDASAN MATEMATIS/LOGIS

Kecerdasan bilangan dan pemahaman: kemampuan untuk menggolongkan, memperkirakan, membuat prioritas, merumuskan hipotesa alamiah dan memahami hubungan sebab-akibat

KECERDASAN KINESTETIK/BERHUBUNGAN DENGAN TUBUH

Kecerdasan seluruh tubuh dan tangan: kemampuan untuk mengendalikan dan meninterpretasikan gerak tubuh, memanipulasi obyek-obyek fisik dan membangun keselarasan antara pikiran dan tubuh

KECERDASAN RITMIK/MUSIK

Kecerdasan nada, irama dan warna nada: kemampuan untuk merepons, secara emosional, terhadap bunyi, menciptakan variasi pola musikal dan mengembangkan bakat dalam instrumen musik

KECERDASAN INTERPERSONAL

Kecerdasan pemahaman sosial: kemampuan untuk mengetahui dan membedakan suasana hati, perangai, motivasi dan tujuan juga kemampuan untuk memahami dan berhubungan dengan orang lain

KECERDASAN INTRAPERSONAL

Kecerdasan pengenalan-diri: kemampuan untuk mengenal diri sendiri dan memikul tanggung jawab atas kehidupan dan pengembangan diri

KECERDASAN NATURALIS

Kecerdasan tentang alam: kemampuan untuk mengenali spesies-spesies sekaligus hubungan-hubungan dalam lingkungan dan membuat sistem klarofikasi dunia hayati (taksonami)

4f6acf25d940e38f2553c74656404d3b

PS. Dikutip dari Introduction to Active Learning Handbooks for the Multiple Intelligences Classroom oleh James Bellanca, IRI/SkyLight Publishing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s