Depok Berkebun di Depok Community Festival

“Depok Berkebun” sebuah komunitas warga Depok yang bergiat dalam pertanian kota (urban farming) akan hadir dalam event yang digelar Pemerintah Kota Depok bertajuk “Depok Community Festival 2012”, Ahad 3 Juni 2012. Kegiatan ini merupakan ajang besar pertama yang bertujuan mengumpulkan seluruh komunitas yang ada di Depok guna menjalin silaturahmi dengan Pemkot Depok serta masyarakat Depok lainnya.

Diperkirakan akan hadir tidak kurang dari 40 komunitas di Depok. Komunitas-komunitas ini umumnya berangkat dari kesamaan warga dalam hal minat, hobinya, maupun profesi. Dalam ajang itu, warga Depok dapat mengenal lebih jauh komunitas-komunitas yang ada di Depok. Bagi komunitas, ajang ini juga dimanfaatkan untuk show off (temu darat untuk unjuk kegiatan) dan menambah anggotanya. Ajang “Depok Community Festival” yang digelar Diskominfo Depok di Halaman Balaikota sejak pukul 06.00 hingga 15.00 WIB ini rencananya akan dibuka oleh Walikota Depok Nurmahmudi Ismail.

DepokBerkebun sebagai bagian dari jejaring Indonesia Berkebun, merupakan komunitas yang bergerak melalui media jejaring sosial yang bertujuan untuk menyebarkan semangat positif untuk lebih peduli kepada lingkungan dan perkotaan dengan program urban farming, yaitu memanfaatkan lahan tidur di kawasan perkotaan yang dikonversi menjadi lahan pertanian/perkebunan produktif hijau yang dilakukan oleh peran masyarakat dan komunitas sekitar serta memberikan manfaat bagi mereka dengan mengadopsi konsep 3E, yakni ekologi, edukasi serta ekonomi.

Di Ajang Depok Community Festival ini, Depok Berkebun akan menempati Stand No.36. Di stand ini Depok Berkebun juga akan menampilkan model berkebun dengan pendekatan “urban farming”, seperti pemanfaatan halaman rumah (home farming) untuk bertanam sayuran organik dan tanaman obat, dengan teknik bertanam konvensional (di lahan kebun), bertanam di dalam pot atau polybag, maupun vertikultur.

Nah, bagi yang berkunjung ke stand Depok Berkebun, anda berkesempatan mendapatkan cinderamata berupa benih sayuran dan bibit Binahong – tanaman rambat yang kini marak di kenal sebagai tanaman obat. Pengunjung juga dapat mencicipi makanan olahan non beras yang sengaja dibuat untuk ajang ini oleh pegiat-pegiat Depok Berkebun dari siswa-siswa SMK Prisma.

Selain di stand, pengunjung juga dapat menyaksikan berbagai aksi komunitas-komunitas di panggung utama. Untuk aksi panggung ini Depok Berkebun mendapat dukungan dari Rendy Ahmad, pemeran Arai dalam film “Sang Pemimpi”, yang akan menyumbangkan lagu-lagu tentang alam. Selain sumbangan lagu, sumbangan untuk pengadaan stand, serta kegiatan urban farming lainnya sejauh ini memang dicukupi oleh para pegiat berkebun diantaranya untuk membeli benih, pupuk, serta mengadakan pertemuan-pertemuan seperti gathering serta pelatihan berkebun organik.

This slideshow requires JavaScript.

Informasi tentang Depok Berkebun: Contact Person : Eko | Telp: 08176875696 | Email: depokberkebun@gmail.com | Twitter: @DpkBerkebun | Blog: http://www.dpkberkebun.blogspot.com
Rekening donasi: Bank BCA No. 2671358971 an. Hanni Handayani| Bank Mandiri No. 1270005508229 an. Hanni Handayani

*artikel ini juga bisa kamu baca di dpkberkebun.blogspot.com/ enjoy reading, guys :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s