Matahari dan 8 Planet

Matahari di kelilingi oleh 8 planet (dulu 9 planet-Pluto sudah dikeluarkan) yang ber-rotasi mengelilingi Matahari juga pada porosnya. Urutan planet dimulai dari yang terdekat dari Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Bumi posisi 3 :D

Merkurius adalah planet yang gersang karena sangat dekat dari Matahari dan tidak memiliki atmosfer. Ukurannya sangat kecil dan tidak memiliki satelit.

Venus adalah benda paling terang di angkasa, terutama sebelum Matahari terbit dan setelah Matahari terbenam. Venus tidak memiliki satelit.

Bumi adalah satu-satunya planet yang memiliki jarak tepat dari Matahari dan sumber kehidupan, yaitu air. Bumi dilindungi atmosfer dan memiliki gravitasi. Bumi memiliki satu satelit, yaitu Bulan. Selain rotasi mengelilingi bumi, Bulan juga berputar pada porosnya. Bulan selalu menampakkan sisi yang sama ke Bumi.

Mars, planet ke-4, dikenal juga sebagai Planet Merah karena ditutupi oleh debu merah. Mars memiliki 2 satelit, yaitu Phobos dan Deimos. Gunung berapi tertinggi di Mars, Gunung Olympus Mons, tingginya 26KM dan ini 3x dari tinggi Mount Everest, gunung tertinggi di Bumi. WOW!!!

Jupiter adalah planet terbesar di Tata Surya kita. Besarnya 10x besar Bumi. Jupiter terdiri atas gas sepertt Matahari tapi tidak berkembang menjadi bintang. Jupiter memiliki 16 satelit dan 4 satelit terbesarnya adl Io, Europa, Ganymede dan Callisto. Ganymede adalah satelit terbesar di Tata Surya. Empat satelit terbesar di planet Jupiter ini pun dikenal sebagai satelit Galelian karena ditemukan oleh Galileo Galilei di tahun 1610. Jupiter memiliki cincin samar tipis yang ketebalannya kurang dari 1 KM. Cincin tersebut ditemukan oleh pesawat penyelidik Voyager pada tahun 1979.

Saturnus yang terkenal dengan cincin datar lebarnya yang indah adalah planet terbesar ke-2 di Tata Surya. Layaknya Jupiter, Saturnus juga terdiri dari gas. Saat Galileo menemukan Saturnus tahun 1610, teleskopnya tidak cukup jelas untuk menunjukkan cincin. Sehingga Galileo menulis, “Saturnus Bertelinga”. Saturnus punya 18 satelit dan yang terbesar adalah Titan, satu-satunya yang memiliki atmosfer. Beberapa satelit lainnya adalah Phoebe,Tethys,Enceladus dan Mimas.

Uranus dan Neptunus ukurannya 4x dari ukuran Bumi. Selain Saturnus yang punya cincin tebal, Uranus mirip sepertt Jupiter yang punya cincin tipis.

Di sidang International Astronomical Union (IAU) menyatakan bahwa Pluto bukanlah planet dan dikeluarkan dari daftar planet di Tata Surya. Salah satu alasannya adalah karena Pluto sering memotong orbit Neptunus sehingga terkadang Pluto lebih dekat ke Matahari dibandingkan Neptunus. Lalu, Pluto dimasukkan ke dalam planet kerdil (dwarf planet) yang anggotanya benda-benda langit, seperti asteroid Ceres dan Charon (bulan tunggal Pluto).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s