Between 2 Hobbies

Sejak pertama kali mengenal kata “hobi”, yang menjadi pasangan tepat bagi kata tersebut adalah “membaca”. Sejak saat itu, apabila ditanyakan, “Apakah hobimu?” dengan pasti dan yakin saya menjawab, “Membaca”.

Hal tersebut menjadi tergoyahkan saat Mahasiswa. Rektor menyatakan bahwa membaca bukanlah sebuah hobi karena, membaca adalah sebuah keharusan. Membaca seharusnya menjadi kebutuhan sehingga bersifat wajib, bukan sekedar hobi yang biasanya dilakukan saat waktu luang. Saya menjadi bimbang dan bingung. Meskipun tidak menolak bahwa membaca sebenarnya adalah sebuha kebutuhan, tetapi saya tidak dapat menemukan hal teapt lainnya untuk disebutkan sebagai hobi.

Hal tersebut sempat menjadi pertanyaan besar dalam diri saya, hingga akhirnya saya menemukan hobi saya yang lainnya. Hobi yang tidak kalah menyenangkan daripada membaca. Hobi yang sepertinya tetap saja menjadi keharusan bagi jiwa saya. Hobi itu adalah bergabung dengan segala komunitas yang sejalan dengan diri saya dan menghadiri berbagai event yang menyenangkan. Dari mengaktifkan diri dalam komunitas dan menghadiri berbagai event, saya dapat berkenalan dengan banyak sekali orang-orang baru, sekaligus mendapatkan banyak teman-teman baru.

Perpaduan antara dua hobi saya, membaca dan bergabung di komunitas-mengikuti event, saya dapatkan dari Notes from Qatar. Diawali dengan membaca sinopsis buku NFQ di salah suatu majalah, membeli bukunya, sangat terkesan atas isi dari NFQ, bermimpi untuk bertemu langsung dengan penulisnya (Muhammad Assad), mengikuti kuis dengan hadiah exclusive dinner, memenangkan kuis tersebut dan berkesempatan untuk bertemu langsung dengan Assad dan keluarga, berkenalan dengan teman sesama pemenang exclusive dinner dan menjadi sahabat baru dan yang terakhir adalah mengikuti Notes from Qatar Seminar yang pertama. Semua kejadian ini hanya berawal dari membaca lalu berkesempatan untuk memenangkan suatu event hingga pada akhirnya terbentuk suatu –meskipun tidak official– komunitas baru.

Thanks, Notes from Qatar!!! :D

2 thoughts on “Between 2 Hobbies

Leave a Reply

