#MyLifeAs “Be an Entrepreneur”

Saya adalah seorang fresh graduate yang baru wisuda pada September 2011 lalu. Sebagai seorang Sarjana, saya mendapatkan tekanan arus kuat dari berbagai sisi dan arah untuk mencari pekerjaan. Tetapi, sesungguhnya saya mempunyai mimpi lain, aliran arus lain.

Saya ingin menjadi seorang Entrepreneur. Memaksimalkan daya kreatifitas untuk mengubahnya menjadi bisnis yang menjanjikan dan mengelolanya sendiri. Saya ingin membangun usaha tersebut dengan uang sendiri, bukan pinjaman. Sehingga rencana awal saya setelah lulus, saya akan bekerja, mengumpulkan modal uang, lalu saat modal uang sudah terkumpul, saya akan membangun usaha yang sesuai dengan mimpi saya.

Rencana ‘matang’ saya tersebut hancur berantakan saat saya menghadiri seminar kepemudaan dan Billy Boen sebagai pembicaranya. Beliau menceritakan suatu kisah yang mirip dengan rencana saya. Pada akhir cerita beliau melemparkan pertanyaan, “Apakah masih sempat kita untuk berkarya? Apakah kita siap keluar dari zona nyaman?”. Beliau menyampaikan bahwa saat keadaan kita telah nyaman karena telah sukses di pekerjaan sebagai karyawan, keinginan kita untuk membangun usaha sendiri perlahan tetapi pasti akan terkubur makin dalam. Dengan kata lain, kita mengubur mimpi kita sendiri.

Sehingga, selagi masih sempat, saya akan memastikan satu hal, apakah saya ingin menjadi karyawan atau mencoba sekuat tenaga membangun usaha sendiri. Saya mencoba merenungkannya secara matang dan memberanikan diri untuk mengambil keputusan. Saya akan mencoba mengoptimalkan potensi yang saya miliki untuk membangun usaha sendiri, menjadi Entrepreneur.

Untuk menambah ilmu, saya rajin mengikuti seminar bertemakan Entrepreneur dan aktif menimba ilmu dari para ahlinya, baik melalui twitter, website, blog, majalah ataupun buku. Saya juga mencoba membangun networking yang lebih luas dengan bergabung di beberapa komunitas.

Memang tidak mudah, banyak aral melintang dan badai menerjang. Tetapi, saya akan mencoba sekuat tenaga dan melakukan yang terbaik. Saya tidak akan takut dan selalu berusaha untuk berfikiran juga berprasangka positif. Modal utama saya adalah ide, sehingga saya akan terus kreatif dan inovatif dalam merangkainya.

Saya tulis dan bayangkan semua mimpi saya sejelas mungkin. Semuanya tergambar jelas, mulai dari apa jenis usahanya, bagaimana saya membangunnya, menjalaninya, cara mencapai target tertentu bahkan mencicipi kesuksesannya.

Meskipun sedikit bahkan tidak ada yang percaya bahwa saya bisa, saya tidak akan patah semangat. Saya akan tetap percaya pada diri saya sendiri karena kalau saya tidak percaya, siapa lagi yang akan percaya, saya harus selalu yakin. Ini adalah kehidupan saya sendiri dan bagaimana cara menjalaninya, tentu yang menentukan pilihannya adalah saya sendiri.

Mohon doanya agar mimpi saya ini bisa terlaksana dan terkabulkan. Apabila ada yang tertarik dengan serius untuk menjadi investor, partner, mentor ataupun teman sharing, silakan untuk menghubungi saya. Dengan senang hati, saya akan menyambutnya.

Perahu kecil kehidupan ini, saya sendiri yang mengendalikan. Saat arus deras atupun perlahan, saya akan selalu bersiap-siap pada perubahan, bersiap-siap untuk berbelok ke kiri atau ke kanan.

#MyLifeAs

@_PlotPoint

“Be an Entrepreneur”

Leave a Reply

