99 Cahaya di Langit Eropa dan Rahasia Saya

Eropa dan Islam telah menjadi rahasia besar bagi saya. Pada awalnya saya tak percaya bahwa Islam pernah menjadi penguasa Eropa bahkan membantu Eropa menyambut Renaissance atau Masa Keemasan. Hingga suatu ketika, di usia yang masih sangat muda untuk dapat berdiskusi lancar mengenai ini, Alhamdulillah, saya mendapatkan kenyataannya.

Saya menemukan cerita sesungguhnya bahwa para penemu besar dunia itu sebenarnya hanya mengulang saja penemuan para Ilmuwan Islam. Hal tersebut meningkatkan rasa percaya diri saya akan  Islam bahwa agama saya pernah benar-benar berkuasa dan memberikan kemakmuran. Membuka mata saya bahwa Islam adalah benar-benar Rahmatallil’alamin.

Sayangnya, pada usia saya saat itu, hanya segelintir orang saja yang mengetahui. Lainnya mungkin tidak tahu atau tidak akan pernah tahu. Sehingga, kejayaan Islam di tanah Eropa hanya menjadi informasi juga ilmu yang luar biasa menarik dan menakjubkan bagi saya. Saya tidak dapat berdiskusi dengan mudah dan saling berdebat dengan lainnya.

Sendirian, saya jatuh cinta dengan kesederhanaan Al-Hambra, ingin menikmati perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat pesat di Cordoba dan terharu dengan kemegahan Hagia Sophia. Terlebih, saya benar-benar merasa seperti terikat dengan Turki, khususnya Istanbul. Kejayaan Dinasti Ottoman dan Ustmani adalah bukti nyata kejayaan Islam. Begitu banyak bangunan yang sangat indah, benar-benar membawa saya ke alam mimpi. Bermimpi untuk dapat puas jalan-jalan disana. Bermimpi untuk selalu menikmati keindahannya. Bermimpi untuk memberikan nama arsitek andalan Turki sebagai nama anak saya kelak.

Perlahan tetapi pasti, rahasia besar saya mulai terkuak. Banyak cerita yang beredar secara luas, banyak orang yang mulai aktif mencari informasinya dan banyak diantara mereka yang percaya. Terbukanya rahasia besar ini membuat saya bahagia. Saya dapat dengan mudah mencari dan menambah informasi juga makin banyak teman diskusi dan menambah ilmu.

Hal tersebut juga saya dapatkan di buku 99 Cahaya di Langit Eropa. Pertama kali melihat buku 99 Cahaya di Langit Eropa, saya hanya merasa bahwa ini bukanlah buku biasa. Selanjutnya, saya mendapat cerita dari tante bahwa buku 99 Cahaya di Langit Eropa banyak bercerita tentang masa kejayaan Islam di Eropa. Berbulan-bulan menjadi top list must buy book, pada akhirnya saya berhasil membelinya dengan gaji pertama saya. Alhamdulillah :)

Begitu lama proses membeli tetapi begitu singkat saya membacanya. Terlalu luar biasa. Rasanya saya menemukan oase tempat bertemunya rahasia besar saya dan rahasia luar biasa lainnya. Saya pun sangat terharu. Tak jarang saya membaca sembari menghapus air mata saya karena kejayaan Islam yang tidak disadari oleh banyak orang bahkan oleh umat Islam sendiri.

Membaca 99 Cahaya di Langit Eropa membawa saya berjalan-jalan ke masa lalu. Masa dimana kejayaan Islam sedang berlangsung, lalu kemudian hancur dan sirna. Berbagai tempat, di berbagai negara Eropa yang sebenarnya merupakan bagian dan peninggalan kejayaan Islam makin meningkatkan rasa haru saya.

Selama ini, kata kunci yang saya miliki untuk menceritakan tentang kejayaan Islam dan Eropa hanyalah Al-Hambra, Cordoba dan Istanbul. Buku 99 Cahaya di Langit Eropa memberikan banyak sekali kata kunci baru dan kisah yang tidak pernah saya ketahui sebelumnya. Mulai dari kisah tentang Croissant, Cappucino, huruf Kufic dan Pseudo-Kufic, Kara Mustafa Pasha, Mezquita hingga Paris dan Napoleon Bonaparte. Seluruh kisah tersebut, sejujurnya, belum pernah saya dapatkan sebelumnya.

Sekali lagi, saya jatuh cinta kepada sejarah kejayaan Islam. Bukan hanya karena Al-Hambra ataupun Mezquita saja, bahkan bukan sekedar seluruh bangunan indah dan kenangan kejayaan Dinasti Turki Ottoman dan Ustmani yang seluruhnya tersebar di Istanbul, Turki dan mungkin hampir seluruh Eropa, atau mungkin karena keterkejutan saya terhadap keputusan terselubung Napoleon Bonaparte untuk membangun Arc du Triomphe de l’Etoile dan Arc du Triomphe du Carrousel, bukan karena itu. Saya semakin jatuh cinta kepada sejarah kejayaan Islam karena seluruhnya memberikan pelajaran yang berarti bagi kehidupan saat ini. Pelajaran untuk terus berkarya, penuh semangat berjuang, kreatif menciptakan, berani menerima kekalahan dan bersabar saat masa kelam. Seluruh pelajaran tersebut hanya dapat disampaikan dengan penuh kesederhanaan meskipun sejarah menceritakan akan kejayaan yang luar biasa gemilang.

Sejarah luar biasa ini adalah warisan berharga bagi kita semua, umat Islam. Di masa yang selalu menyudutkan umat Islam ini, keyakinan akan kejayaan Islam harus selalu ada di dalam dada karena Islam pernah membangun dan merasakannya. Dengan adanya 99 Cahaya di Langit Eropa, akan semakin banyak umat Islam yang mudah mendapatkan informasi dan cerita mengenai sejarah kejayaan Islam. Sehingga, kisah tersebut bukan lagi hanya di kelas-kelas agama Islam atau di kelompok-kelompok kajian Islam. Seluruhnya dapat membaca dengan bebas dan, saya yakin, pasti akan berdecak kagum akan sejarah kejayaan Islam yang luar biasa tersebut. Terlebih, akan banyak yang seperti saya, terharu akan segala pencapaian Islam di masa dulu, lalu menangis pasrah akan keadaan saat ini dan kemudian bangkit untuk kembali mencapai kejayaan Islam di masa nanti.

Terima kasih, Mba Hanum. Terima kasih, Mas Rangga. Terima kasih telah menuliskan 99 Cahaya di Langit Eropa secara rapih, apik dan menyentuh. Terima kasih telah menuliskan cerita mengenai kejayaan Islam di Eropa dan segala sejarah dibaliknya. Dan, terima kasih, telah menjadi oase bagi rahasia besar saya yang tidak akan lagi menjadi rahasia. Insya Allah. Amin.. :)

Talita Zahrah Fauziyyah (@talitazahrah)

Muslimah. Mencintai Islam dan berbagai sejarahnya. Secret Admirer dari Al-Hambra juga jatuh cinta dengan Istanbul dan sekitarnya. Sejak membaca 99 Cahaya di Langit Eropa, selalu terharu setiap mengingat Mezquita dan kota Paris *tolong Mba Hanum dan Mas Rangga tanggung jawab, yaa.. hehe*

14/5/2012  23.04 WIB

10 thoughts on “99 Cahaya di Langit Eropa dan Rahasia Saya

  1. Halloo Talitaa.. setujuuu, bukunyaa bagusss bangeeet! aku belum beres bacanya sih, dr kmrn kepotong2 sambil ngerjain ini itu hehe.. tp baru baca sebagian aja udah bikin kita makin cinta sama Islam yaa.. most recommended book nih buat yang mau tau ttg sejarah Islam di Eropa hehe..
    by the way, good luck ya Talita, semoga menang kuisnya hehehe.. :D

    Like

  2. belum baca bukunya lit, tapi baca tulisan kamu ini udh seperti baca setengah dr isi buku itu..hmm jadi kepingin baca nih, beliin dongggg :D

    Like

  3. Ta… gw jadi mau baca deh bukunya, kapan2 cari ah di toko buku terdekat.. Gw belum pernah baca buku kayak gitu, tapi di text book kuliah sempet ada pembahasan sedikit soal sejarah akuntansi yang ternyata umat Islam duluan yang menciptakan/menemukan akuntansi itu..
    Tapi bener, gw juga terkagum2 sama bangunan megah yang ada di Turkey, smoga someday bisa kesana, ngerasain, ngeliat sendiri gimana kerennya..
    Sukses ya, Ta!

    Like

    • Beli, nis bukunyaa.. Recommended banget! banyak ilmu yg kita dapet terutama yg berhubungan sama sejarah Islam di Eropa :D

      Bener nis, banyak hal-hal hebat yg kita pakai di kehidupan sehari-hari sekarang dan penemuan-penemuan dari penemu yg kita kenal itu, ternyata ditemukan oleh Ilmuwan Muslim. Sejarah terkesan menutup itu semua, jd kita hanya kenal ilmuwan yg tenar sekarang itu..

      Iyaaa, keren-keren banget itu bangunannnyaaa… luar biasa banget! itu bukti bahwa Islam pernah begitu jaya dan kaya baik di bidang ilmu pengetahuan ataupun teknologi bahkan harta :)

      Like

Leave a Reply

