Ibunda, Perempuan Paling Inspiratif

Jika ditanyakan, siapakah perempuan yang inspiratif dalam hidup ini, saya akan dengan mudah menjawab banyak sekali nama-nama perempuan. Mulai dari teman, guru, dosen, mentor, penulis atau bahkan tokoh yang memang diakui tingkat inspiratifnya. Tetapi, saya lupa satu perempuan, yang bahkan sebenarnya adalah perempuan yang paling inspiratif dalam kehidupan saya ini, yaitu Ibunda.

Mungkin karena bertemu dan berinteraksi setiap hari, membuat berbagai nilai yang disampaikan terasa tidak inspiratif. Padahal sesungguhnya saya banyak disadarkan akan nilai tersebut oleh Ibunda. Mulai dari terbiasa untuk berpikir sebelum bertindak, selalu bersyukur apapun keadaan kita dan ikhlas dalam menghadapi berbagai kejadian yang ada, seluruh sikap tersebut ditumbuhkan oleh Ibunda.

Meskipun tidak bekerja, Ibunda adalah pekerja yang sebenarnya. Seorang full time Mother, menurut saya adalah pekerjaan yang tersulit dan terberat. Mulai dari mengurusi rumah, keluarga bahkan hingga lingkup lingkungan sekitar pun menjadi tugas sehari-hari seorang Ibunda. Beliau sering terlihat lelah tetapi juga terlihat bahagia. Beliau menikmati setiap moment yang ada, terus bersyukur dan ikhlas, seperti seluruh ajarannya.

Secara tak langsung, saya berubah menjadi beliau dengan berbagai koreksi kecil atas perbedaan kami. Walaupun begitu, saya tidak merasa hal tersebut menjadi sebuah kesalahan. Justru saya merasa bangga dapat menjadi penerus dan pewaris seluruh nilai yang Beliau berikan dan ajarkan. Saya yakin, suatu saat ini, nilai yang ditanamkan Ibunda akan sangat berarti bagi saya dan menjadi harta karun paling berharga sepanjang masa.

Perkenalkan, perempuan paling inspiratif bagi saya, Ibunda.

22/4/2012

19.36 WIB

Leave a Reply

