Report: Kopdar Depok Berkebun [4 Maret 2012]

Sebagai seorang anggota komunitas yang berharap sangat banyak kepada komunitasnya untuk aktif, saya sangat mengembar-gemborkan berita kopi darat ini kepada semuaaa orang. Kopi darat Depok Berkebun, hari Minggu tanggal 4 Maret 2012 jam 13.00-15.00 WIB di Buku Kafe Margonda Raya, Depok. Saya ingin yang datang banyak, tidak hanya sedikit saja. Dan, sebenarnya pun saya yakin bahwa pasti ada banyak orang yang tertarik untuk turut aktif juga.

Alhamdulillah, setelah mendapat keribetan akibat peraturan baru dari pihak Buku Kafe, semua terselesaikan dengan baik. Sayangnya…. rencana jam 13.00 WIB acara di mulai, ternyata jam 12.45 WIB hujan deras bangeeeett!!!

Tanpa malu lagi saya langsung menghubungi Ibu Lita Uditomo untuk minta ikut nebeng. Hehehe. Padahal belum kenal, belum ketemu muka dan baru kontak ala kadarnya saja. Hehe, biarin deh, ya. Sebenarnya itu juga menunjukkan niat baik saya untuk datang ke kopdar, lho.. Ibu Lita baik kok, kan kita sesama Lita :p

Akhirnya, saya sampai dengan selamat tanpa basah sedikit pun di Buku Kafe. Pak Eko pun sudah sampai dan sedang mempersiapkan ruangan. Saya pun segera mengontak semua teman-teman yang berjanji untuk datang agar tidak mangkir. Ayoooo, yang muda, datanglah!!!

Alhamdulillah, di kopdar kali ini ada 13 orang yang datang (termasuk saya). Jumlah yang cukup luar biasa bila dilihat dari kopdar kami sebelumnya. Kami juga kedatangan 2 teman baru dari SMK Prisma yang sudah memiliki kebun di sekolahnya dan ingin turut aktif dalam menghijaukan Depok.

Suasana Kopdar (1)

Suasana Kopdar (2)

 Laras, Genis, Intan dan Lala (ga ada saya nih, hiks)

Acara dimulai dengan perkenalan dari masing-masing yang hadir. Diberikan kesempatan juga untuk menjelaskan tentang alasan mengapa ingin ikut Depok Berkebun dan harapan yang ingin didapatkan dari Depok Berkebun.

Setelah itu adalah penjelasan singkat mengenai Indonesia Berkebun. Pada mulanya, pelopor Indonesia Berkebun resah dengan minimnya ruang hijau di perkotaan sehingga mereka memulai komunitas Urban Farming. Memanfaatkan lahan kosong yang terbengkalai atau bahkan tersedia, lahan tersebut disulap menjadi hijau dan bermanfaat bagi banyak orang.

Indonesia Berkebun juga mengusung tagline 3E yaitu, Ekologi, Edukasi dan Ekonomi. Ekologi berusaha untuk semaksimal mungkin mengembalikan fungsi asli lahan kosong tersebut dan memberikan efek positif yang berhubungan dengan tingkat penghijauan. Edukasi nantinya akan memberikan ilmu secara tidak langsung kepada para penggiat juga yang turut aktif lainnya mengenai berbagai ilmu yang tidak terbatas dalam kebun saja. Ekonomi adalah efek selanjutnya dengan harapan dapat membantu tingkat kesejahteraan komunitas atau bahkan lingkungan sekitar kebun.

Selanjutnya adalah perkenalan dengan beberapa penggiat Berkebun di kota lain seperti di Jakarta, Bandung, Medan dan lainnya. Hal ini bertujuan untuk membuka mata kami para penggiat bahwa sesungguhnya komunitas ini dapat berjalan dengan baik dan bisa sukses sesuai visi dan misi yang diniatkan.

Agenda perencanaan untuk Depok Berkebun pun dimulai. Positif-negatif, kekurangan-kelebihan dan segala macam yang menjadi pendukung atau bahkan penghambat komunitas pun dipaparkan. Kami saling berbagi pendapat dan bahkan berdebat dengan harapan mendapatkan jalan keluar terbaik.

Akhirnya, kami memutuskan untuk membuka milis Depok Berkebun agar dapat berkomunikasi dengan lebih lancar. Selain itu, rencana ke depan pun kami diskusikan.

Lahan di Griya Depok Asri milik salah satu penggiat diputuskan untuk menjadi fokus dari kegiatan kami saat ini. Lahan seluas 9×30 m2 ini ingin dibuat desain kebunnya agar penggunaan lahan dapat lebih maksimal. Desain kebun dapat dibuat oleh seluruh anggota dan yang terbaik akan dijalankan. Jadi, kalau kamu ada rencana desain untuk lahan Griya Depok Asri, langsung buat saja ya! Jangan malu, jangan ragu, segera kirimkan desainmu! :D

Pertemuan pun berakhir dengan foto-foto dong, supaya tetap eksis :D

 Kopdar Depok Berkebun 4 Maret 2012

Pertemuan selanjutnya adalah tanggal 11 Maret 2012 jam 11 pagi di Pizza Hut Jl. Tole Iskandar. Kami akan bersama menuju lahan di Griya Depok Asri. Pertemuan hari itu bertujuan untuk memilih desain kebun yang terbaik sehingga lahan dapat langsung kami garap. Kalau mau ikut, datang saja ya!

Masih selalu ditunggu kehadiran dan partisipasi kamu semua yang tertarik untuk trut serta aktif menghijaukan Depok terutama kamu wahai para pemuda! Jangan ke Margo City/Detos/D’Mall/ITC meluluuu!!! Ayoooo, turun ke lahaaannn dan kita berkebun bersamaaaa!!! Ditunggu, yaaaaa!!! :D :D :D

10/3/2012  17.32 WIB

NB. Maaf nih, telat banget updatenya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s