Resolusi Tahun Baru : LIFE Edition

Memang tidak mudah untuk mempertahankan sebuah keinginan yang berubah menjadi rencana besar yang penuh dengan pengharapan. Kekecewaan itu sering datang seiring dengan kegagalan. Cibiran, sindiran atau apapun itu baik disengaja ataupun tidak pun kadang menghampiri. Berniat untuk menasehati tapi malah menjatuhkan. Bermaksud untuk membimbing, yang ada malah menggurui. Hanya ada satu kekuatan untuk melawan itu semua yaitu, SEMANGAT dalam diri kita.

Pada tanggal 1 Januari 2012 kemarin, seseorang telah menjatuhkan semangat saya untuk menjalankan rencana yang telah saya susun untuk 2012. Entah sengaja ataupun tidak, saya tidak tahu. Entah maksudn sebenarnya apapun, saya tidak tahu. Rencana terbesar saya pada 2012 sangat bergantung pada internet dan berbasis teknologi informasi. Saya bermaksud bertanya banyak pada orang tersebut untuk menambah ilmu juga informasi mengenai dunia teknologi informasi. Dia memang seorang entrepreneur yang sangat bergantung pada teknologi informasi. Jadi, tidak ada salahnya dong bagi saya untuk menambah informasi darinya.

Sejak awal pembicaraan saya memang mendapat firasat kurang menyenangkan mengenai dirinya. Menurut saya, dia seorang yang terlalu membanggakan diri dan cenderung show off. Untuk tipe orang seperti itu, biasanya saya lebih suka menjauh dan tidak ingin terlalu dekat dengan mereka. Tetapi, saya berusaha untuk melawan firasat itu dengan niat baik untuk menamba ilmu juga informasi mengenai dunia teknologi informasi.

Ternyata, benar sudah firasat saya. Dia terlalu show off dan malah cenderung menjatuhkan semangat saya. Mungkin dia tidak ingin saingannya di dunia internet bertambah. Saya merasa kesal, sedih dan tidak dihargai. Saya mencoba mengendalikan diri dengan tetap ramah, meskipun hati mau marah-marah. Jujur, mood saya langsung jatuh. Rasanya ingin segera kabur dari tempat itu, tidak melihat dirinya lagi dan menenangkan diri.

Sepanjang hari saya mencoba untuk tidak mengikuti mood yang jatuh dan tetap berusaha untuk menjadi positif. Saya mencoba untuk mengambil pelajaran dan hikmah dari kejadian yang saya alami tepat pada hari pertama tahun 2012 ini.

~~ Rencana saya untuk tahun 2012, dijatuhkan tepat pada hari pertama tahun 2012 ~~

Kesimpulan positif saya adalah, dia dipertemukan dan menjatuhkan saya dalam rangka menguji mental saya, apakah saya siap untuk menghadapinya atau tidak. Jika saya kalah darinya, berarti saya tidak siap untuk menjalankan rencana saya untuk tahun 2012. Tetapi, jika saya tenang dan menang melawan rasa dijatuhkan olehnya, berarti saya siap dan mampu menjalankan rancana saya untuk tahun 2012.

Alhamdulillah, saya merasa menang darinya. Sehingga, saya siap dan mampu menghadapi rintangan apapun di tahun 2012 ini. Ujian itu memang untuk dihadapi dan dipelajari dengan baik untuk kemudian diambil hikmahnya, bukan untuk dihindari.

Bismillahirrahmannirrahim……  

Depok, 2/1/2012, 18.57 WIB

Leave a Reply

