Don’t Judge People by Their Face

Ga ada hal yang lebih parah di dunia ini selain, “Judge a book by its cover” atau kalau boleh saya selaraskan dengan manusia, “Judge people by their face”. ‘Face’ disini itu muka tapi sangat bisa diartikan sebagai tampilan luar. Terlalu. Sungguh terlalu kalau ada orang yang sampai begitu.

Jujur, saya pernah begitu. Ketika melihat beliau, saya berpikir sangat merendahkan, hanya karena melihat wajah (belum penampilan), pikir saya, “Orang ini TKI ya? Kenapa kok ada disini..” Nah, setelah berkenalan lalu mengobrol, ternyata beliau sedang melanjutkan S3 di Jerman, beasiswa.

Akh, parah! Sejak saat itu saya ga pernah berani judge apapun terhadap orang yang saya lihat dan temui. Rasanya terlalu keterlaluan.

Lalu, baru-baru ini saya dengar cerita mengenai people judgement yang mirip dengan pengalaman saya. Si Ibu ini bertemu seorang Bapak dan berbincang. lalu, dia bertemu Ibu lain dan ternyata Ibu ini mengenal si Bapak. Mereka berdua bertukar pendapat dan berpendapatlah salah satu dari mereka, „Oh si Bapak itu kerjanya cuma begitu, kurang terpelajar ya, kelihatan kok dari mukanya..“ -_-*

Aneh ya, people really do love judge others by their face. Sepertinya mereka lupa bahwa kita semua sama-sama manusia. Kekurangan dia mungkin juga kekurangan kita. Kelebihan dia mungkin malah kita tidak punya. Every person is Special. Each of us is Special. No one can be the best at everything.

So, kalau mau menilai orang dari tampilan bahkan cuma dari tampang, segera keluarin kaca deh. Keluarkan kata-kata yang ingin kamu ungkapkan tentang orang itu sambil kamu lihat diri kamu sendiri di kaca. Tahan, tarik buang napas, senyum, bakal hilang deh tuh segala hinaan.

Do respect! Treat people like you wanna be treated. Jangan sampai kita bebas menghina orang ehh pas kita dihina malah ngamuk. Bikin malu.

Judging people by their face? Sorry, that’s really not so 2012!

Depok, 09/12/11, 00.45 WIB

3 thoughts on “Don’t Judge People by Their Face

Leave a Reply

