Lebaran Berbeda (lagi)

Hari ini, 30 Agustus 2011, saya sempat membahas di twitter mengenai perbedaan pendapat tentang tanggal 1 Syawal 1432 H sebagai hari raya Idul Fitri. Ada yang berpendapat bahwa tanggal 1 Syawal adalah hari ini (Selasa, 30 Agustus 2011), sedangkan pemerintah menetapkan bahwa 1 Syawal adalah besok (Rabu, 31 Agustus 2011). Lagi-lagi Indonesia mengalami perbadaan penetapan tanggal untuk hari raya.

Saya mencoba untuk menyikapinya dengan baik, lagipula saya bukan penganut paham atau aliran tertentu. Saya hanya mentaati perintah Allah SWT dan sunnah Rasul :)

Ini dia beberapa tweet saya dalam menyikapi perbedaan tersebut. Tentu pendapat dan pemikiran saya hanyalah setetes dari ilmu Allah SWT yang luas. Jadi, hanya berdasarkan logika dan pendapat saja. Masih perlu banyak belajar :)

 

Mau Lebaran aja ribet.. Klo Gusdur masih ada mungkin akan bilang, “Gitu aja kok repot..” So, Idul Fitri hari selasa atau rabu, sama saja :)

By the way, kalau 1 Syawal-nya ada perbedaan, kenapa 1 Muharram-nya ga pernah beda yaa..?

Klo 1 Syawal hari ini berarti bagi mereka 1 Muharram akan datang lebih cepat, begitu kan logikanya?

Jadi, sepertinya penanggalan Hijriah itu akan selalu mengalami perbedaan tergantung cara penghitungan.. Kadang sama, mungkin lebih sering beda..

Kita harus gimana? Kembali ke pemahaman dan keyakinan masing-masing.. tapi yang pasti, sesuai Al Qur’an, lebih baik ikuti pemimpin saja.. Insya Allah aman :D

Pemimpin yang mana? …Yang mana ajaa boleehh, yang penting okee :))

 

Wallahua’lam bishshawab. Hanya Allah SWT-lah yang mengetahui kebenarannyaa..

 

Selamat Idul Fitri! :)

 

30/8/2011 2.07 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s