Ramadhan di Rumah

Setelah tahun lalu saya mendapat kesempatan untuk beribadah Ramadhan yang berbeda, Alhamdulillah, tahun ini saya bisa ber-Ramadhan di rumah :)

Merasakan puasa selama 18 jam (dari pukul 3 pagi sampai 9 malam), pada saat summer, di Jerman dan super jauh dari rumah benar-benar merupakan pengalaman baru yang tidak akan saya lupakan. Dari terbiasa makan dan buka sahur dengan mudah, selama di Jerman semua saya urus sendiri. Terlebih sebagai minoritas, citarasa Ramadhan sangat tidak terasa sama sekali. Semua serba biasa saja seakan-akan bukan di bulan penuh rahmat dan ampunan ini.

Terlebih lagi, setelah hampir 7 bulan di negeri orang, hari pertama Ramadhan adalah hari pertama saya mengalami sakit. Flu, panas, demam dan berpuasa adalah hari pertama Ramadhan saya tahun lalu. Selama seminngu, saya hanya bisa meringkuk di kasur dengan meminum obat yang tersisa sambil menikmati 18 jam berpuasa. Alhamdulillah, tahun ini saya sudah lulus dari perkuliahan, mendapat gelar sarjana, tidak sakit dan ada di rumah.

Bahagia. Ya, tidak ada yg lebih indah dari ber-Ramadhan di rumah, Alhamdulillah..

Untuk yang sedang jauh dari rumah, sabar yaa.. Jangan putus asa dan menyerah, teruslah semangat beribadah! Insya Allah, Ramadhan kalian lebih berkah, lebih penuh rahmat dan ampunan. Amin..

Sejak kecil saya selalu ingat pesan ini:

Biar makin semangat beribadah, cobalah untuk selalu berkumpul bersama dengan orang-orang Sholeh. Agar bisa terus saling mengingatkan :)

Mari cari komunitas, bangun relasi dan ciptakan forum yang bisa membantu kita untuk dapat maksimal dalam menjalankan Ramadhan tahun ini. Semoga Ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun kemarin dan semakin membawa kita ke level hamba-Nya yang lebih tinggi, Amin..

Mohon Maaf Lahir dan Batin, Happy Ramadhan! :)

Leave a Reply

