Curiga

Bertambahnya usia, meningkatkan rasa curiga. Curiga kepada orang, curiga kepada teman, curiga kepada orang tua, curiga kepada kakak adik, curiga kepada keluarga, curiga kepada pacar, curiga kepada semuanya. Bahkan terkadang kita pun curiga kepada tempat, curiga kepada keadaan, curiga kepada suasana, lebih parahnya kita curiga kepada takdir.

Rasa curiga timbul ketika kita sedang tertekan atau merasa kesulitan. Keadaan dimana berpikir baik pun sulit, pada akhirnya kita merasa curiga. Kita curiga akan suatu keadaan buruk, kejadian aneh, perasaan tidak suka. Semua yang ada di pikiran kita hanya pikiran negatif. Rasa curiga.

Sebenarnya rasa curiga itu hanyalah pikiran negatif kita agar kita dapat mempersiapkan diri apakah benar yang kita tidak sukai itu terjadi atau tidak. Misalnya, sang pacar tidak kunjung memberi kabar. Baik itu sms, telepon, atau apapun. Kita curiga. Curiga dia bersama perempuan lain, curiga dia bosan dengan kita, bahkan curiga jika dia mau putus dengan kita. Hal ini terjadi karena kita tidak siap dengan semua pikiran negatif itu bila menjadi kenyataan. Pada akhirnya kita curiga, bahkan terkadang berlebihan. Dengan adanya curiga, kita menjadi lebih siap jika pikiran negatif itu benar-benar terjadi. Secara tidak langsung, kita telah mempersiapkan mental kita untuk keadaan terburuk.

Sayangnya, terkadang rasa curiga terlalu dipercaya oleh kita. Tanpa ada bukti yang jelas, rasa curiga yang belum tentu benar menguasai diri kita hingga membuat kita marah atau sedih. Rasa curiga berubah menjadi rasa amarah atau kesedihan. Pada akhirnya akan menimbulkan kesalahpahaman. Hal ini yang membuat rasa curiga menjadi tidak baik.

Pada dasarnya rasa curiga itu baik, asal sesuai dengan kadar dan tempatnya. Curiga membuat kita lebih waspada dan berhati-hati. Curiga membantu kita untuk tidak mudah percaya kepada orang lain yang belum tentu baik. Curiga membantu kita untuk menemukan sisi lain dari suatu keadaan atau tindakan seseorang. Bahkan curiga juga membantu kita mencari penyelesaian dari permasalahan.

Curiga. Saya curiga kepada anda. Apakah anda baik untuk ada di kehidupan saya? :)

Boehm, Bad Sassendorf, 15.10, 11/5/2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s