Sedih

Sedih biasa diidentikan dengan menangis. Setiap kita sedih kita menangis. Baik tangisan dalam hati ataupun air mata. Kita sedih ketika sakit, sedih ketika kecewa, sedih ketika merasakan sesuatu yang tidak adil, sedih ketika merasa terhina, sedih ketika merasa iri, sedih ketika kesepian, dan yang paling menyedihkan, sedih ketika kita merasa tiba-tiba sedih. Entah mengapa. Hanya tiba-tiba merasa sedih dan kadang bahkan sampai menangis.

Tetapi, sedih tidak harus ditunjukkan dengan menangis. Bahkan kita bisa sedih sambil tertawa atau marah. Biasanya sedih sambil tertawa karena sesuatu yang ironi. Sedih sambil marah mungkin karena kita merasa iri, tidak bisa mencapai atau mendapatkan yang orang lain punya. Kita sedih, dunia tidak adil, pada akhirnya kita marah.

Sedih bukan sesuatu yang simple. Sedih itu kompleks dan sedih itu tidak mudah diselesaikan juga dipahami. Segala sesuatu yang ada di dunia ini bisa menjadikan kita sedih. Bahagia pun bisa menjadi sesuatu yang sedih. Tetapi, satu hal yang paling saya rasakan ketika sedih adalah kreatifitas saya meningkat. Sedih membuat saya semakin kreatif.

Saya masih ingat ketika saya patah hati. Kreatifitas saya meningkat, saya dapat menulis banyak puisi dengan kalimat sederhana namun menyentuh. Ketika saya tidak sedih, saya mencoba menulis puisi indah. Dan apa yang saya dapat? hanya coretan-coretan biasa dengan kata-kata yang sama sekali berantakan. Kreatifitas saya seakan hilang, saya frustasi sendiri. Masa harus sedih dulu baru bisa bikin puisi bagus? Tapi memang itu kenyataannya. Saya sedih, saya lebih kreatif, dan saya menulis puisi dengan indah.

Bukti nyata kesedihan membawa berkah adalah album musik Glenn Freddly (ini selalu menjadi contoh saya bahwa kesedihan bisa membawa sukses). Ketika putus dengan Nola AB Three, Glenn Freddly sepertinya merasa sangat sedih dan tidak berdaya. Dunia tidak adil kepadanya dan hidupnya hancur. Semuanya dia tulis menjadi lagu dan jadilah satu album. Ternyata dia telah otomatis bangkit dari keterpurukan dan kesedihan secara tidak langsung dengan menjadi lebih kreatif ketika sedih. Bahkan mendatangkan banyak uang dan penghargaan. Hebat ya Glenn, rasanya senang mendapatkan bukti nyata bahwa sedih membuat semakin kreatif dan membantu kita untuk bangkit.

Sewaktu merasa bahagia, sadar atau tidak tiba-tiba akan terbesit rasa sedih. Mungkin karena ingat bahwa ada yang tidak ikut merasa bahagia dengan kita, rasanya kebahagiaan ini akan semakin lengkap dengan dia atau mereka. Kita sedih, dia atau mereka tidak bersama kita saat ini.

Bisa juga sedih karena banyak saudara-saudara kita yang masih susah dan tidak bisa bahkan tidak mungkin merasakan kebahagiaan ini. Kita ingin berbagi tetapi tidak mampu. Sedih, tidak bisa bebagi. Merasa gagal sebagai manusia.

Sedih, hanya lima huruf tetapi memiliki berjuta makna. Meskipun menyedihkan tetapi kesedihan memberikan kita kesempatan untuk sadar bahwa kehidupan tidak selamanya indah. Tetapi juga tidak selamanya sedih. Bangun dan bangkit dari kesedihan juga keterpurukan akan membawa kita untuk menjadi manusia yang lebih baik. Bahkan mungkin menjadi lebih kreatif :)

Karena, setiap jagoan akan kalah terlebih dahulu sebab dia akan tahu bagaimana cara untuk bangkit dan berusaha lebih keras, hingga akhirnya mencapai kemenangan dan terus menang. Sesuatu yang ditempa akan menjadi lebih kuat. Dan yang lebih pasti, jika kamu merasa sedih dan ingin menangis, menangislah. Itu adalah kekuatan, bulir-bulir air mata perjuangan.

Boehm, Bad Sassendorf, 10.38, 9/5/2010

Leave a Reply

