Resensi: The Story of Jomblo

Baru pertama kali bikin blog dan bingung mau posting apa.. jadi yaa, posting ini dulu aja deh..

ini resensi yang gw bikin waktu aktif di majalah sekolah “NDUT”..

Resensi

The Story Of Jomblo

Judul Buku      :  Antologi Cerpen Pilihan “The Story Of Jomblo”

Pengarang       :  Hilman, Asma Nadia, Gola Gong, Boim Lebon, dkk

Penerbit           :  Lingkar Pena Publishing House

Tahun Terbit    :  2004

Tempat Terbit  :  Depok

Tebal               : 188 halaman

Harga              :  Rp21.000

Pengarang remaja ngumpul nih. Beken-beken! Cerita-ceritanya? Keren-keren! Jadi, tunggu apa lagi? Jangan mikir minjem, beli dong…!

Ada pesan nih dari Gola Gong buat yang membeli: “Makasih ya udah beli, kalo bisa belinya jangan cuma satu, beli 10 lagi terus bagi-bagi deh ke Pustakaloka Rumah Dunia, hehehe.”

Juga do’a dari Boim Lebon: “Semoga yang beli buku ini panjang umur, murah rejeki, enteng jodoh, dan…disayang mertua!”

Buat yang belum membeli, nih simak pantun dari Hilman ya?

Jangan Cuma diintip,

bikin mata bintit.

Ayo dong jangan pelit,

Rogoh sedikit duit!

Dan sebaris do’a tulus Asma Nadia: “Tunjukkanlah mereka jalan yang benar ke kasir!”

Benar-benar haruskah kita untuk membaca buku ini hingga para pengarangnya berkata demikian?

Nah, bagi kamu-kamu yang ga pe-de jadi seorang jomblo, kudu mesti wajib baca buku ini. Cerpen-cerpennya memberi kita dukungan dan informasi berlebih bahwa jadi jomblo ga selamanya buruk. Jangan anggap jadi jomblo itu adalah “The End Of The World”, terus  punya pacar adalah segala-galanya. Lagipula, ga ada kan kata pacaran di kamus Islam?

Selain itu, banyak juga hikmah dan pelajaran yang dapat kita ambil tentang bagaimana kita menyikapi masa puber dengan perilaku Islami yang Gaul tapi Syar’i, berinteraksi dengan orang lain terutama dengan lawan jenis, dan mengenai kehidupan kita para remaja yang mesti ekstra hati-hati.

Terdiri dari 13 cerpen unggulan yang di karang oleh 13 pengarang pilihan. Bahasanya remaja banget, gaul. Alur cerita terkadang mengejutkan dan memiliki ciri khas untuk masing-masing pengarang.

Ga usah khawatir cerita bakal garing plus nge-be-te-in, soalnya para pengarangnya udah profesional semua dan ngerti banget gimana kehidupan remaja.  

Meskipun buku antologi cerpen ini mengusung tema remaja yang terfokuskan pada jomblo, beberapa cerpen tidak menceritakan bagaiman remaja dan problematika jomblonya. Cerpen-cerpen tersebut justru bercerita tentang kehidupan remaja sehari-hari. Tetapi, hal-hal tersebut tidak mengurangi cita rasa dari buku ini. Tetap dengan remaja dan kehidupan jomblonya sesuai judul buku.

So, apalagi yang kalian cari kalo semua cerita Islami mengenai jomblo ada di sini. Ayo, cepat pergi ke toko buku terdekat dan belilah! Oya, cek kantong dulu ya..(tzf)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s